Kadang Kita Sudah Tahu Tapi Kita Lupa Kalau Kita Tahu Akan Hal Itu

Menunjukkan Kepedulian Adalah Bentuk Sederhana Dari Peri Kemanusiaan

Ya namanya manusia, pasti ada kurang dan lebihnya. Karena tidak ada manusia yang sempurna. Jadi kita harus bisa berdamai dengan segala kurang dan lebih diri kita. Dan begitupun juga dengan orang lain, kita juga harus memahami dan menerima jika orang lain memiliki kekurangan. Kita harus bisa menerima itu. Dan yang paling sering terjadi adalah, kita sering lupa kalau manusia itu tidak ada yang sempurna. Sehingga saat kita sudah merencanakan sesuatu, dan itu tidak berjalan dengan baik, dan saat terjadi kesalahan, kita akan menyalahkan orang lain, menyalahkan orang yang bertanggung jawab akan pekerjaan itu. Dan kita akan marah.  

Kadang Kita Sudah Tahu Tapi Kita Lupa Kalau Kita Tahu Akan Hal Itu

Dari situ terlihat jelas kita lupa kalau tidak ada yang sempurna. Seperti halnya saat kita sedang berproses, kita seringkali dihadapkan dengan beberapa hal. Dan kadang kita merasa kita pernah tahu tentang hal tersebut. Tapi kalian ragu. Dan akhirnya kalian mencari lagi, kita mengeksplor lagi untuk memastikannya. Dan ya benar, kita pernah tahu akan hal tersebut. Kita pernah dengar, atau pernah mempelajarinya. Ya namanya memori, itu akan selalu ditumpuk-tumpuk, dengan hal baru, dengan berbagai hal yang baru kita pelajari. 

Itulah cara kerja otak kita. Jadi wajar saja jika kita kadang lupa. Itu bukanlah hal buruk. Dan saat kita diingatkan kembali, maka otak akan bekerja lebih keras untuk menggali memori-memori yang memiliki kaitan dengan hal yang kita cari. Dan saat kita mendapati semua, kita menjadi puas, dan ada rasa lega. Dan kita tidak perlu belajar dari 0, karena kita sudah ada dasarnya terlebih dahulu. Dan itu baik adanya. Berbeda dengan orang yang mengatakan lupa tapi sebenarnya dia tidak tahu. 

Jadi ada baiknya memang saat kita belajar banyak hal. Mungkin ada beberapa hal yang tidak bisa langsung diterapkan dalam kehidupan kita. Ada beberapa hal yang tidak kita terapkan dan gunakan di hidup kita. Tapi pada suatu hari itu akan berguna, kita akan membutuhkannya, dan mungkin apa yang kita ketahui bisa membantu orang lain. Jadi jangan pernah menyesali pernah belajar sesuatu yang kita rasanya tidak penting. Tapi itu akan berguna pada akhirnya.