Apakah Baik Jika Kita Memberikan Agama Pada Anak Sedari Kecil 

Hidup Tidak Semudah Dengan Apa Yang Kita Bayangkan Saat Kecil

Salah satu pertanyaan yang sering muncul di dunia parenting, adalah apakah baik dan boleh kita memberikan dan mengenalkan agama pada anak sedari kecil. Padahal kalau mau bilang, mereka memiliki hak untuk memilih iman mereka, mereka memiliki hak untuk menentukan kepercayaan mereka. Bagaimana jika mereka tidak cocok dengan iman atau kepercayaan yang diberikan orang tua kepada anak. Sehingga masalah ini menjadi pro dan kontra di masyarakat. Tapi balik lagi, kepada setiap pribadi masing-masing. 

Apakah Baik Jika Kita Memberikan Agama Pada Anak Sedari Kecil 

Selagi kita tinggal di Indonesia dengan aturan-aturan yang ada. Dan agama menjadi salah satu pedoman atau pegangan paling diutamakan oleh masyarakat Indonesia, itu membuat mereka semakin kuat pendiriannya. Dan dari situlah membuat negara ini menjadi negara yang beragama. Sehingga agama menjadi salah satu yang harus dimiliki setiap orangnya. Itu sebagai identitas juga. Untuk itu kenapa anak dari kecil sudah disuguhkan dengan agama. Anak-anak dari kecil sudah diajarkan soal agama, soal beragama, bagaimana cara berdoa yang baik dan benar. Sejarahnya seperti apa. Dan lain sebagainya.

Dan orang tua pasti akan memberikan atau mengenalkan kepada anak agama yang mereka pegang atau yang mereka yakini juga. Tidak mungkin mereka memberikan anak mereka agama yang mereka tidak tahu. Otomatis, orang tua akan menurunkan agama kepada si anak. Karena mereka tahu dan percaya akan agama yang mereka pegang itu, yang mereka imani. Itu yang paling dia tahu, maka dari itu, anak akan diberikan agama, diajarkan soal agama dari kecil. Dan kembali lagi kepada pernyataan, tapi kan setiap orang memiliki hak untuk memilih agama mereka masing-masing. Ya, tapi anak kecil pasti butuh panduan.

Bagaimana mereka bisa memilih jika kita tidak mengenalkan dulu. Untuk itu penting sekali untuk mengenalkan agama pada anak sejak kecil. Sebagai pegangan dan pedoman hidupnya. Toh berjalannya waktu, anak akan terus berkembang dan nantinya mereka akan mengenal agama yang lainnya. Pun dia merasa lebih srek dengan agama seberang, maka dia memiliki hak untuk berpindah. Jika dia sudah benar-benar yakin. Tapi tidak salahnya memberikan pegangan kepada mereka sedari kecil.