Ada Beberapa Keadaan Kita Tidak Bisa Mengubah Hal Yang Telah Terjadi 

Menunjukkan Kepedulian Adalah Bentuk Sederhana Dari Peri Kemanusiaan

Saat kita melakukan sesuatu, katakanlah saat kita sedang menulis atau mengetik sebuah materi. Dan saat kita membaca kembali, ternyata ada beberapa kata atau tulisan yang salah. Entah typo atau ada yang tidak tepat kata yang digunakan. Kita masih bisa menghapus dan menggantinya. Bahkan kita bisa menulis ulang mengganti dari jalan cerita dari awal. Itu masih sebuah tulisan. Pun nanti misalnya sudah di post dan dilihat oleh banyak orang. Jika ingin ada perubahan. Ingin menambahkan sesuatu, kita masih bisa memperbaikinya. Masih ada kesempatan. Dan akan terus ada. 

Ada Beberapa Keadaan Kita Tidak Bisa Mengubah Hal Yang Telah Terjadi 

Tapi bagaimana jika untuk beberapa hal yang sudah terjadi, dan tidak bisa kita ubah. Tidak semua hal yang ada bisa kita perbaiki. Tidak semua hal yang ada bisa kita tambahkan atau mengurangi. Ada beberapa hal memang kita harus terima bahwa itu tidak bisa diubah. Sudah begitu dan kita harus terima keadaan. Jadi janganlah kita merasa masih ada waktu, masih ada waktu kok. Sehingga kita manusia akan terus mengulur-ngulur waktu. Dan akhirnya saat hal itu terjadi, kita tidak siap. Dan akhirnya mau tidak mau harus menerima. 

Karena pertama kita tidak bisa mengembalikan waktu, kedua kita tidak bisa mengubah atau memperbaiki apa yang ada, apa yang sudah terjadi. Yang bisa kita lakukan adalah menerima itu semua dengan lapang dada, dan lanjut menjalani hidup. Apakah hal itu? Ya, kematian. Saat seseorang sudah meninggal, kita tidak bisa mengembalikannya, kita tidak bisa mengulang. Kita tidak bisa paksakan untuk membangkitkan orang mati. Dan satu-satunya cara adalah, menerima kenyataan. Menerima bahwa itu semua sudah terjadi, dan tidak bisa di apa-apakan lagi. Kita harus bisa menerima, dan bangkit melanjutkan hidup.

Jadi jangan menunggu seseorang meninggal, jangan menunggu untuk seseorang pergi dulu baru kalian akan bergerak, baru kalian akan melakukan sebuah perubahan. Baru kalian akan berani untuk melangkah maju. Baru kalian akan melakukan sesuatu. Jangan menunggu untuk hal itu terjadi dulu. Karena rasanya akan sangat menyakitkan. Tegaskan dirimu. Kadang kita harus tegas pada diri kita agar tidak merasakan penyesalan pada akhirnya.